Pages

Tuesday, February 18, 2014

Mudahnya Mencairkan Dana Jamsostek

*Previous note: Postingan ini berdasarkan pengalaman mencairkan dana Jamsostek awal tahun 2014. Saya bukan pegawai Jamsostek/BPJS, jadi maap ya kalo ada yang nanya-nanya tapi saya gak ngerti jawabannya, lebih baik tanya langsung ke call center BPJS Ketenagakerjaan di 500910 biar lebih jelas*

Judulnya gak bohong, mencairkan dana Jamsostek itu semudah makan jeruk. Cuma tinggal kupas-kunyah-telan. Ya ini analogi aja sih. Tapi memang secara umum gampang. Tinggal datang ke kantor Jamsostek dengan bawa persyaratan yang diperlukan, ambil form isian dan nomor antrian, isi form sambil nunggu dipanggil, datang ke counter sambil menyerahkan form berikut persyaratan yang lain, difoto, dan selesai. Easy as 1,2,3 :D

Nah persyaratannya apa saja:
1. Terdaftar sebagai peserta, dibuktikan dengan membawa kartu Jamsostek yang asli *ya iyalah*
2. Sudah resign dari kantor yang membayarkan Jamsostek, dengan membawa surat parklaring. Selain sudah resign, paling tidak sudah 5 tahun terdaftar sebagai pemilik kartu jamsostek + 1 bulan masa tunggu. Exception untuk C/PNS, gak perlu nunggu 5 tahun + 1 bulan, asal jangan lupa bawa SK pengangkatan C/PNS
3. Siapkan KTP asli dan fotokopi
4. Siapkan KK asli dan fotokopi
5. Siapkan copy buku tabungan (opsional)

Nah udah deh tinggal datang ke kantor Jamsostek *yang sekarang sudah berubah nama menjadi BPJS*, ambil nomor antrian, nunggu nomor dipanggil sambil mengisi form yang sudah disediakan. Formnya seperti di bawah ini:




Isiannya juga cuman gitu-gitu aja. Kenapa di atas saya sebutkan copy buku tabungan itu opsional, karena pencairan dana Jamsostek ini bisa via transfer rekening, bisa lewat kantor pos, bisa juga diambil tunai setelah klaim selesai, biasanya sih prosesnya makan waktu sekitar 3 hari. Saya sendiri pilih pembayaran via transfer rekening, dan uangnya sudah masuk ke rekening saya setelah 3 hari kerja. Gak perlu repot-repot balik ke kantor Jamsostek. Mudah bukan? ;)


Tips: Datanglah pagi karena menurut satpam, kantornya belum buka saja sudah ada yang mengantri mengambil nomor. Saya datang sekitar jam setengah sepuluh PAGI dapat nomor belakangan, dan waktu giliran saya dilayani itu sekitar jam setengah 3 SORE. Untung kantor saya dekat, jadi bisa ditinggal ke kantor dulu ngerjain yang lain :D

P.S: Dari para pemberi komentar yang baik hati udah mampir postingan di blog saya ini, baru tau kalo kita sudah tercatat bekerja kembali di perusahaan yang baru, tidak bisa lagi mencairkan dana jamsostek di perusahaan yang lama, kecuali bener-bener resign dan sedang tidak bekerja/tercatat bekerja di perusahaan manapun.



56 comments:

Chocky Sihombing said...

kayanya abis Maret ini langsung nyairin duit jamsostek. BU - BU - BU hahahaha....

-rizka- said...

@Chocky: kalo perlu calo ambil nomer antrian, call me di 0856xxxxxxxx yah....ditunggu loh *kedip ganjen*


hahahahahahanajis....

Unknown said...

bu tapi kalau sudah kerja apakah bisa?soalnya kemarin saya baru nyairin diwilayah cikarang trsoperator cek document n lht online ternyata oprtor tau saya sudah kerja lagi dan punya jamsostek lain,jadi g bisa diambil
kalo djkt apa g dintanya jamsostek lainnya?

Unknown said...

tapi di wilayah cikarang g bisa diambil mbak,kalo punya jamsostek lain n masih aktif.
kl dijakarta emang g dicek online?punya jamsostek lain ato g?

-rizka- said...

mas Adittya:
saya kurang tauh dicek online apa enggak, setau saya sih asalkan sudah berhenti dari perusahaan yang lama, dan masa tunggu terhitung dari pertama kali masuk kerja di perusahaan lama sampai waktu pencairan dana jamsostek sudah 5 tahun + 1 bulan, sudah bisa dicairkan :)

Tri Wahyu said...

Di Jakarta Di Cek online jg.…saya tidak bisa ambil. Sedihnya... :(

Unknown said...

mau tanya, apakah tempat bpjsnya bisa cabang mana aja, atau hanya di bpjs tempat keanggotan jamsostek diterbitkan/didaftarkan?

terima kasih

Unknown said...

Mau tanya, apakah untuk pencairan dana Jamsostek bisa dilakukan disemua kantor cabang BPJS, atau hanya bisa di kantor BPJS dimana keanggotaan BPJS diterbitkan/didaftarkan ? terima kasih.

Unknown said...

Saya mau tanya, apakah pencairan dana Jamsostek bisa dilakukan disemua kantor pusat dan cabang BPJS, atau hanya bisa dilakukan di tempat keanggotaan Jamsostek didaftarkan/diterbitkan ? terima kasih sebelumnnya

Mia said...

Saya baru aja mau cairin jamsostek. Setelah tau saya kerja lagi mereka gak mau cairin jamsostek saya

-rizka- said...

@Tri Wahyu: alasannya kenapa ya mas kok ga bisa diambil?

@Robertus: setau saya tidak harus di kantor pusat, karena saya juga gak mencairkan di tempat keanggotaan Jamsostek didaftarkan, saya pilih kantor jamsostek terdekat kantor baru saja

@Etsuko: mungkin seperti kasusnya mas Adittya ya, kalo punya kartu jamsostek lainnya, dana jamsostek di kartu lama gak bisa dicairkan? saya malah gatau :)

Anonymous said...

Kalo msh krj lagi emg gk bsa diambil yg jht lama soalny bisa ketahuan dari nama ibu kandung kecuali jamsostkny yg laeny beda nama ibu kandung itu bisa diakalin lah..

Anonymous said...

Klu mencairkannya jht sblum 5 tahun bisa ga soalnya kurang 1 bulan dan klu kena potong gpp dech....pnya solusi ga bu??

-rizka- said...

@ijoel: wah, peraturannya udah kaya gitu dari sananya, solusinya ya palingan nunggu sampe 5 tahun :)

Unknown said...

saya juga lg nunggu neh dana jamsostek cair, katanya 7 hr kerja ngurusnya dr tanggal 09 juni 2014 nanti kalo 7 hr ga d tansfer jg saya tinggal hub nama-nama pic yg sudah di kasih sama cs nya.

Unknown said...

Per juni 2014:
1.System autolock sis jadi kalo kita sudah terdaftar sebagai peserta BPJS baru ya otomatis saldo kepesertaan lama kita masuk ke kepesertaan yg baru (kata CSnya) jadi gk bisa di cairin soalnya tidak masuk kriteria (sudah keluar dari perusahaan tapi kerja di perusahaan baru/belum berhenti kerja)
2.Kalau misalnya punya lebih dari 1 kartu bisa di cairkan bersamaan walaupun baru 1 yg sudah masa ke anggotaan 5 tahun 1 bulan (tapi gak semua cabang bisa seperti itu)
3.Proses pencairan bisa di cabang mana saja
NB: pas proses verifikasi sebaiknya kita sedikit ngeyel..soalnya pas di cek online yg di samakan pertama nama n tempat tanggal lahir,jadi kadang ada kesamaan data nama n ttl tersebut...
Semoga membantu

-rizka- said...

@Kitana: semoga sekarang udah cair ya :)

@Aziest: makasih banyak buat infonya, moga2 bisa membantu yang sedang mengurus pencairan dana jamsostek :)

Anonymous said...

Saya juga nggak bisa ambil, krn sdh kerja lagi. Pdhal dulu bisa, asalkan kartunya tidak diperpanjang di tempat baru. Kata petugasnya ini peraturan baru yg disarankan oleh Rieke Diah Pitaloka 😞. Knp bikin peraturan yg merugikan masyarakat sih??? Mana katanya dia bakal dijadiin menteri pula. Kacau deh, itu kan duit kita sendiri, kenapa ditahan?

nadie_butuh_cinta said...

bu saya mau ambil dana jamsostek kartu asli ada ,tpi surat pemutusan dari perusahaan dan paklaringnya hilang,lalu perusahaan yg dahulu sudah bangkrut gimana cara saya bisa mencairkan dana nya...(nardi kurnia) terima kasih...

ndunkz setia said...

Kalo belum genap 5 tahun bisa gak ya di caiirin ?? Soal nya baru 2 tahun sudah resign.. mohon info Brosist..

-rizka- said...

@nardi kurnia: setahu saya untuk yang tidak punya paklaring bisa menginformasikan kepada petugas untuk nantinya diberi formulir khusus (tanpa paklaring), formulir khususnya format seperti apa saya kurang tahu. Nantinya dengan formulir khusus ini dana jamsostek tetap bisa dicairkan, bisa ditanyakan saja sama petugasnya :)

@ndunkz: untuk pencairan jamsostek minimal harus menunggu 5 tahun, kecuali setelah resign dari pekerjaan lama anda menjadi cpns/pns maka dana jamsostek bisa dicairkan sebelum 5 tahun asal membawa bukti SK pengangkatan

symphoni tanpa seni said...

oooo jadi kl kita punya jamsostek dan udah ga kerja di perusahaan lama tapi di perusahaan baru kita dibuatin kartu BPJS tetep ga bisa kluar ya sekalipun ada surat berhenti bekerja ... yaaaa saya baru mocairin hiks.... butuh penjelasannya dong ... kan no BPJS yang baru dan Jamsostek yang lama beda dan kita ga diakumulasi ....

-rizka- said...

@symphoni: kalo dari info mas azies yang diatas itu jadinya ga bs dicairin sih...

Unknown said...

Mbak saya mau tanya, saya kan punya 3 kartu jamsostek. Tapi saya cuma punya 2paklaring perusahaan.. Kira2 yg 2 itu tetap bisa dicairkan gak yah,? Soalny saya sudah memenuhi masa tunggu 5th.. Pengen aku cairin..

landak said...

Lg nunggu cair nih, ngajuin klaim dr tgl 14 Agustus, sdh 8 hr kerja kok belum ada transferan jg ya. Ditelpon katanya ditunggu aja. Jd deg2an, takutnya nunggu2 tp ga dijalanin sama pihak Jamsosteknya, pdhl lg perlu dana. Duh :(

-rizka- said...

@jingga matahari: kalo menurut info mas azies sebelumnya "Kalau misalnya punya lebih dari 1 kartu bisa di cairkan bersamaan walaupun baru 1 yg sudah masa ke anggotaan 5 tahun 1 bulan (tapi gak semua cabang bisa seperti itu)" mestinya punya mbak bisa dicairkan, dicoba saja tanya ke CSnya :)

Unknown said...

Ba ga ya klo kk hanya fotocopy nya aja?? Coz kk yang asli hilang..

airul said...

Jujur bingung karena setiap pindah kerja g pernah minta surat pengalaman kerja. Alhasil ngurus harus ke kantor pusat. Posisi Skg dikantor cabang aja g ada data yg pasti jadi g bsa buatin surat resign. Kira kira gimana ya.

-rizka- said...

@lowongan terbaru: pencairan bisa di semua cabang

@xpe mn: KK yang asli diperlukan utk mengecek keaslian dokumen

@airul: sepertinya sudah sy jwb sebelumnya,
"setahu saya untuk yang tidak punya paklaring bisa menginformasikan kepada petugas untuk nantinya diberi formulir khusus (tanpa paklaring), formulir khususnya format seperti apa saya kurang tahu. Nantinya dengan formulir khusus ini dana jamsostek tetap bisa dicairkan, bisa ditanyakan saja sama petugasnya :)"

Unknown said...

Tambahan Informasi untuk yang membutuhkan. Saya kemarin sudah datang ke kantor bpjs untuk mencairkan dana jht tapi ditolak karena sudah bekerja di perusahaan baru. Ini peraturan lama yang diterapkan kembali mulai awal 2014 (info dr petugasnya). Jadi pastikan kalau mau mencairkan dilakukan sebelum bekerja di tempat lain. Kalaupun kita bohong, petugas bisa cek keanggotaan bpjs terbaru kita di system. Semoga bermanfaat ya comment saya ini !

Prima said...

Ya.
Baru tadi pagi saya ke kantor BPJS untuk mencairkan kartu JAMSOSTEK saya di perusahaan lama, terakhir kerja tahun 2008.

Karena saya sudah bekerja di perusahaan baru sejak tahun 2013 dan menggunakan kartu jamsostek baru, kartu jamsostek lama tidak bisa dicairkan.

Katanya baru cair kalau saya sudah berhenti bekerja.

Saya jadi pulang dengan galau.

-rizka- said...

@Reala Novtari dan @Prima Angela Febriyanti: makasih infonya

yogi said...

kalo kartu jamsostek hilang . tapi no kpj ada . masih bisa di cairin ga dana jamsosteknya . persyaratannya apa aja dan harus di cabang buatnya apa dimana aja bisa . mohon penceahannya . .

-rizka- said...

@yogi: no kpj itu apa ya, saya ga ngerti :D
kalau untuk pencairan bisa di semua cabang setau saya, persyaratannya bisa dibaca lagi tulisan di postingan ini dan komen2 sebelumnya :)

Anonymous said...

Kalau sudah resign trus udh dapet kerja lagi.. Jgn lupa makanya ditempat kerja baru kasih kartu jamsostek lama yg udh kita punya, supaya didaftar dengan nomor yg sama, klo enggak ya didaftar baru jd double, kasian.

obat china herbal said...

saya baru 3.5 tahun rencananya mau buat modal usaha bisa gak yaaa...?

Unknown said...

Kalo Yg bersangkutan alias pemegang kartu sudah tidal ada gmna ya.syaràtnya apa aja

Unknown said...

mbak riska,saya punya pertanyaan :
saya punya 3 kartu jamsostek...2 dari tempat lama saya bekerja....dan 1 di tempat saya bekerja sekarang...jika 2 kartu lama saya cairkan apakah bisa?

Unknown said...

mbak riska jika saya punya 3 kartu jamsostek apakah 2 kartu jamsostek sblmnya bisa dicairkan?

-rizka- said...

@steve ery dan @lars magnus: maaf, terus terang saya kurang tahu jawabannya, bisa coba ditanyakan di call center bpjs di 500910 :)

Prima said...

Malam minggu kemarin saya pergi ke sebuah mall di Semarang. Di sana ada pameran dan ada stand BPJS nya.

Saya bilang sama petugas di sana, bahwa saya punya 2 kartu JAMSOSTEK, apakah bisa dicairkan uang yang di kartu JAMSOSTEK terdahulu.

Jawabannya, bisa ... jika saya sudah tidak ikut JAMSOSTEK lagi.

Payah.

Berarti uang JAMSOSTEK diambil jika kita sudah tidak bisa bekerja lagi, sehingga kita tidak bisa menggunakan itu lagi karena sudah tidak bisa bekerja. P A Y A H.

Ramuan Tradisional said...

pada kenyataannya sangat susah dan berbelit/belit,,,baru saja saya pulang dari kantor jamsostek

Anonymous said...

sedihnya gak bisa di cairin kartu jamsotek yang lama padahal butuh duit. Uang sih tidak hilang dan bunga tetap berjalan, tapi baru bisa dicairkan apabila kita sudah benar-benar tidak bekerja lagi sekurang-kurangnya selama 1 bulan. begitu infonya

kedz said...

kalo ktp yag habis masa berlakunya bisa gk untuk mencairkan dana jamsostek,
kl tdk bisa...
apa SIM bisa bwt pengganti KTP yg sudah habis masa berlakunya?
terimakasih.

kedz said...

kalo ktp yag habis masa berlakunya bisa gk untuk mencairkan dana jamsostek,
kl tdk bisa...
apa SIM bisa bwt pengganti KTP yg sudah habis masa berlakunya?
terimakasih.

hidayatraffa said...

Thanks Sharingnya yach Mbak :D sangat Bermanfaat…Oya sbagai tambahan, Untuk mencari kantor BPJS terdekat lengkap dengan Nomer telponnya Se Indonesia monggo mampir ke http://hidayatraffa-corp.blogspot.com/2014/11/daftar-alamat-dan-nomer-telepon-kantor.html

seputar tips dan trik said...

Cairin ahhh..makasih infonya

Anonymous said...

" Exception untuk C/PNS, gak perlu nunggu 5 tahun + 1 bulan, asal jangan lupa bawa SK pengangkatan C/PNS "

wah ini menurut saya sangat tidak adil.

kenapa kalau cpns tidak harus menunggu 5 tahun?? langsung bs cair.
kenapa tidak sama dengan karyawan swasta lainnya atau swasta yang berubah haluan jadi wirausaha.

maaf kata ya, Istimewanya menjadi cpns apa seh? sampe sebegitunya aturan tersebut di buat.

kalau mau, ya yang cpns juga sama, harus menunggu kepersertaan 5 tahun. biar adil.

Unknown said...

saya mau tanya nih, gimana yah cara cek saldo jamsostek. saya buka website jamsostek udah gak bisa lagi, udah berubah jadi BPJS. apa masih bisa di ambil yah uangnya?? gimana yah cara cek saldonya skrg?? mohon infonya yh,, makasih sebelumnya..

Prima said...

saya bisa tuh dengan meng-klik: http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Tapi duit bisa diambil kalo udah ga terdaftar di BPJS cabang manapun ... hayaaaaaaa ....

Unknown said...

kalo trf klaim tidak masuk2 padahal sudah 7hari...infokan kemana ya?re claime nya...selain ke kantor BPJSnya...nuhuunn...

Unknown said...

Payaah ya padahal lg butuh duit nich

Unknown said...

Saya mau tanya kalau misalkan Jamsostek saya terdaftar 2.2010 dan saya bekerja di tmpat lain dan mendaftarkan bpjs... Skrng saya dah habis kontrak... Klo saya mau klaim kartu Jamsostek saya kira2 bsa tdk yaa... Soalnya dah 5 thn... Tp saya gag tau kartu yg bpjs itu masih di aktifkan sma PT saya atw enggak.. Soalnya saya habis kontrak'a baru... Terima kasih

Unknown said...

kalo pencairan bisa ga gan ?

Unknown said...

Kalo pencairan bisa ga gan ? haahaa

Unknown said...

Kalo kartu jamsostek hilang dan perusahaan sudah tutup,cara mengurusnya gimana dong??mohon pencerahan.trims