Pages

Monday, May 6, 2013

[Review] Kolam Renang Umum Sekitar Jakarta Selatan


Beberapa minggu belakangan ini saya jadi *lumayan* rajin renang, ya walaupun belum lancar-lancar amat dan masih di tempat yang-gak-mungkin-tenggelam-karena-masih-bisa-nginjek-lantai sih :D Ada empat tempat yang udah saya coba, dengan pertimbangan lokasi dekat *dekat kantor atau dekat kosan*. And here are the reviews:

Kolam Renang Hotel Kartika Chandra
HTM: 35000 weekday, 40000 weekend

Yang ini deket banget, tinggal ngglinding nyebrang pake jembatan di depan kantor, trus masuk lobi dan bilang ke resepsionis mau beli tiket masuk kolam renang. Kolam renangnya sendiri ada di lantai 2. Bapak penjaga kolamnya baik banget dan punya piaraan iguana 3 ekor lucu2 yang dikandangin dekat loket peminjaman handuk.
Karena ini kolam renang hotel, ada beberapa bangku yang bisa buat goler2 santai di pinggir kolam. Waktu saya dateng sekitar jam setengah 5 itu cuman ada saya di kolam renang. Sepi banget cyiiin... Gak beberapa lama kemudian ada ibu2 tamu hotel yang bawa anak2nya yang lucu dan akhirnya malah gak jadi renang lama saya. Sibuk main ciprat-cipratan air sama balita lucu2 itu, hahahaha.

Plus: Kolam renang bersih dan gak bau kaporit, dipinjemin handuk, tempat bilasan air dingin dan hangat, kenceng lagi.
Minus: Kolamnya kecil, ada 6 orang renang disitu aja udah berasa penuh

kolam yang di Kartika Chandra kayak gini

Kolam Renang Kompleks BIN Kalibata
HTM: 20rb weekday, 23rb weekend

Dari kos saya gak terlalu jauh, tapi cukup nanggung. Kenapa nanggung? Karena saya gak ada kendaraan pribadi jadi kemana-mana mengandalkan angkutan umum. Kompleks BIN ini sendiri gak dilewatin kendaraan umum, kecuali sesekali, karena letaknya di sekitaran perumahan di belakang Plaza Kalibata. Jadi kalau mau renang disitu harus jalan kaki kira-kira2 15 menit, atau naik ojek. Kalau masih pagi sih gak papa, sekalian pemanasan sebelum cecemplungan, tapi kalo udah siang atau sore, errrr...males!

Plus: Kolam renang cukup luas, ada area anak2 dipisahkan cuman pake bola2 styrofoam ditaliin, banyak anak2 kecil unyuuuu *sama bapaknya #eh #lhoo*.
Minus: Bau kaporit mayan kenceng, area yang masih reachable buat saya injek tanpa tenggelam itu relatif kurang lebar, biasanya banyak orang di area itu.

Kolam Renang Cikini (belakang Hotel Ibis Budget Cikini)
HTM: 30rb weekday, 40rb weekend

Kalo dipikir2 yang ini gak terlalu deket ya, hahaha. Tapi sebenernya masih reachable dengan angkutan umum. Kalo masih bingung dimana itu Ibis Budget Hotel, letaknya sebelah Taman Ismail Marzuki persis. Kalo disini sih kayaknya yang renang orang dewasa semua, jarang liat anak-anak. Gak bisa iseng maen sama anak2 huhuhu....

Plus: Kolam renang luas olympic size, gak terlalu bau kaporit, kedalaman bervariasi dan gak terlalu crowded.
Minus: Tempat bilasan gak ada penyekat, shower beramai-ramai gitu. Kan seru neng? Iya seru....kalo showernya gabung sama tempatnya cowo :hammer #ditoyorsayangsamaAdamLevine

[update]

Kolam Renang GOR Sumantri Brojonegoro (belakang Plaza Festival Kuningan)
HTM:
Weekday (06.00 - 08.00 dan 16.00 - 19.30) : Rp 15.100,
                (08.00 - 10.30 dan 13.00 - 14.30) : Rp 4.100;
Weekend (06.00 - 08.00 dan 16.00 - 19.30) : Rp 15.100,
                (08.00 - 10.30 dan 13.00 - 14.30) : Rp 5.100.

Pertama kali liat plang tarif HTMnya saya juga ngerasa aneh. Entah apa maksudnya dengan 100 rupiah itu. Ada dua kolam utama, satu buat dewasa yang luas banget, dengan dikasih tali pelampung yang menandakan perubahan kedalaman kolam di dua sisinya. Ada satu kolam jejeran yang dipisah jadi kolam anak dan kolam belajar. Langsung ke poin plus minusnya aja deh ya....

Plus: Dekat kantor, kolam renang luas
Minus: Kolamnya butek dan jorok bangeeeet, kaporit parah, visibility rendah. Kalo di kolam yang buat belajar itu kan orang masih bisa buang ludah atau ingus ke samping kolam. Lha di kolam yang besar itu pinggirannya sama sekali gak ada saluran buat buang2 ludah dan semacemnya. Bisa dibayangkan semua orang ngeludah ke dalam kolam. Iiih...jorok pokoknya, malesin!
Satu lagi, rumor has it that this is one of those places where Jakartans gay hang out, it's not that i'm a homophobic person, but yeah...it's just fyi only ;)


Nah demikian review singkatnya, nanti kalo udah nambah tempat baru lagi bakal di-update :D


8 comments:

chocky sihombing said...

cie cie....

paket wisata Bromo said...

hehe,, kunjugi blog ane gan. siapa tau bermanfaat, karena kami penyedia layanan wisata ke gunung bromo

-rizka- said...

@chocky: ...........
*ceburin*

Unknown said...

emang kantornya dimana neng? kalo tinggal nyebrang doank ke kartika chandra berarti BKPM ya? :)

-rizka- said...

@tanzil huda: iyak benar :)

Bagaimana caranya? said...

Terakhir ke Kartika Chandra, bayarnya 85rb...padahal weekday....mahal banget dan jauh bedanya ya....

Sepatu murah said...

Makasi kak inponya sangat membantu hari libur kami
murah da muda d jangkau

Unknown said...

lewat juga., boleh nih, kapan2 coba