Pages

Thursday, May 26, 2011

Traveling Tanpa Oleh-Oleh?

Tema postingan saya kali ini mirip sama yang sudah pernah dibahas di milis IBP, yaitu mengenai oleh-oleh.

Definisi oleh-oleh:
sesuatu yg dibawa dr bepergian; buah tangan:


ini maksudnya foto toko oleh-oleh

Sebagai penyuka traveling, wajar rasanya kalau beli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, sahabat/teman, rekan kantor atau special someone, sometwo, somethree dst... :hammer:

Kenapa saya bilang wajar, ya karena tidak semua orang berpikiran traveling-wajib-bawa-oleh-oleh. Ada yang bilang, memberi oleh-oleh itu wujud perhatian kepada orangtua, teman, rekan kerja atau orang terdekat kita. Ya gak salah juga, tiap orang pendapatnya beda-beda. Ada yang menganggap seperti itu. Ada juga yang menganggap bukti perhatian itu tidak harus dalam bentuk oleh-oleh sepulang dari traveling. Kalau misalnya, si traveler kebetulan waktu traveling kelupaan membeli, apa orang terdekatnya akan menganggap dia kurang perhatian gitu?

Saya sendiri, menganggap bahwa oleh-oleh itu bukan fardhu ain hukumnya. Apalagi saya tipikal gembel traveler yang biasanya cuma bawa uang ngepas untuk transportasi dan akomodasi. Jadi budget beli oleh-oleh itu sering kali tidak terpikirkan. Kecuali kalau memang saya niat belanja dan menganggarkan duit lebih untuk beli-beli.

Tapi walaupun saya bilang seperti itu, kenyataannya selama ini saya seringkali membeli oleh-oleh tiap kali traveling. Labil ya saya? :D
Baik itu oleh-oleh untuk saya sendiri, maupun orang lain. Saya gak terlalu spesifik membeli suvenir untuk saya sendiri, bisa apa saja. Paling sering sih beli makanan, yang kolosal gitu, alias banyak jumlahnya. Selain saya bisa ikutan menikmati, oleh-oleh semacam gini bisa dibagi rata ke teman-teman, hehehe.

Selain makanan, kalaupun harus beli oleh-oleh buat orang lain, saya biasanya nyari sesuatu yang khas tempat itu. Ya walaupun cuma gantungan kunci atau pembatas buku, tapi minimal ada sesuatu yang khas. Misalnya, di Singapore ya belinya gantungan kunci Merlion, bukannya pembatas buku wayang. Atau di Bali, belinya ya lulur Bali. Walaupun sekarang sudah banyak sih yang jualan barang-barang suvenir semacam itu bukan di tempat aslinya.

Susahnya kalau di tempat itu gak ada sesuatu yang bener-bener khas. Seperti saat umroh misalnya, susah nyari oleh-oleh yang khas Arab. Sebagian besar suvenir yang dijual (kerudung, sajadah, tasbih, boneka onta, baju, kopyah, dll) ber-cap made in China, made in India, made in Turkey atau made in Indonesia. Mungkin yang memang otentik itu cuma air zam-zam dan kurma (itu saja sudah banyak dijual di Indonesia).

Ada satu barang di supermarket yang saya lihat made in KSA (Kingdom of Saudi Arabia) yaitu tasbih mutiara. Entah mutiara imitasi atau palsu, yang jelas harganya gak bersahabat sama budget. Ya sudah, bawa air zam-zam sama kurma saja cukup buat saya, sama sedikit printilan made in India dan made in Turkey :D

milih, bukan beli oleh-oleh

Sebaliknya, kalau ada teman traveling saya juga gak terlalu berharap dan 'memaksa' minta oleh-oleh. Kalaupun bilang, "jangan lupa oleh-oleh ya..." itu cuma ngomong di mulut saja. Dibawain ya alhamdulillah, enggak juga tidak apa-apa. Saya tahu dan sudah pernah ngalamin kok, beli dan bawa oleh-oleh itu kadang merepotkan. Tahu cerita atau foto teman yang lagi traveling sudah cukup menyenangkan kok. Apalagi kalau saya punya kesempatan ke tempat itu juga satu saat nanti :)


P.S: Dari pengamatan saya, yang biasanya rempong nyari oleh-oleh ini itu biasanya kaum hawa. Barang bawaan waktu pulang bisa lebih berat daripada waktu berangkat. Tanya kenapa? :D

2 comments:

Anonymous said...

aku seneng deh kamu ga maksa minta oleh2 kalo aku pergi. tapi kalo kamu pergi, HARUS inget aku yaaa :p

-rizka- said...

huahahahaha..... *jitak*